Wednesday, August 3, 2016

Cara Menginstall Windows 10 Menggunakan USB Flashdisk

Sebelum menginstall Windows 10, Anda harus mempersiapkan hal-hal berikut ini:
1. Siapkan USB Flashdisk Bootable Windows 10 terlebih dahulu, karena kita akan belajar cara menginstall windows 10 dari USB Flashdisk.

untuk lebih lengkapnya bisa lihat: Cara Menjadikan Flashdisk Bootable Windows
2. Setting BIOS agar booting dari USB Flashdisk.
3. Backup data-data penting terlebih dahulu
4. Apakah yang anda install adalah laptop? Jika iya, saya sarankan colokkan Charger Laptop Anda segera. Jangan sampai laptop kehabisan daya pada saat proses instalasi karena akan berdampak buruk pada laptop itu sendiri.


Langkah-Langkah Dalam Menginstall Windows 10
1. Pertama, Colokkan USB Flashdisk yang berisi Bootable Windows 10 ke Laptop atau PC Anda sebelum PC dihidupkan.
2. Hidupkan PC, lalu masuk ke BIOS

untuk lebih lengkapnya tentang cara masuk bios sesuai tipe dan merek Laptop atau PCmu bisa lihat: Cara Masuk ke Bios Komputer Laptop, Notebook, Netbook, PC
3. Setting BIOS agar priotas utama booting adalah dari USB Flashdisk.
4. Lalu Keluar, atau Pilih Exit and Save atau Tekan F10, maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:

Catatan: kalau berbeda, perbedaan paling cuma sedikit pada tampilannya.
5. Tunggu, PC akan restart dengan sendirinya
6. Tekan sembarang tombol untuk memulai instalasi

Catatan: Kalau Menginstall dari USB Flashdisk yang di booting dengan aplikasi Universal USB Installer tidak perlu tekan apapun.
7. Silakan Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.
8. Pilih Install now untuk memulai installasi windows 10
9. Langsung Pilih Next jika tidak punya product key / Masukkan product key windows 8 / 8.1 nya, yang biasanya terdapat dalam satu paket sama DVD nya kalau menggunakan CD-ROM Drives. Kemudian pilih Next.
10. Centang I accept the license terms, kemudian pilih Next.
11. Saya anggap Anda saat ini sedang belajar menginstall sistem operasi windows 8 / 8.1 untuk pertama kalinya. Jadi, silakan pilih Custom: Install Windows only (advanced).
12. Jika Anda ingin melakukan install ulang, downgrade maupun upgrade sistem operasi windows sekaligus ingin data-data pada partisi lain tidak hilang, cukup Delete Disk 0 Partition 1 : System Reserved dan Disk 0 Partition 2 (Local C:), nanti otomatis kedua partisi yang anda delete tadi menjadi Unallocated Space.
13. Silakan Pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. Sebenarnya, anda bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tapi saya sarankan anda letakkan di Disk 0 Partition 2.
14. Proses instalasi Windows 8 / 8.1 berlangsung. Proses ini memakan waktu kurang lebih 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali.
15. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard. Hal tersebut akan menyebabkan anda mengulangi proses instalasi dari awal. (Anda bisa Cabut USB Flashdisk yang berisi Bootable Windows 8 tadi dari Laptop atau PC mu setelah proses no. 8 selesai atau ada muncul loading waktu 10 second) seperti gambar dibawah ini:


16. Silakan masukkan product key windows 10 anda, lalu Next. Jika tidak punya, silakan pilih Do this later. Anda bisa mengaktifkan windows 10 anda nanti.
17. Selanjutnya Pilih I Own it.
18. Nah, apabila kalian tidak ingin mengkoneksikan Windows 10 dengan akun Microsoft Account, kalian tinggal pilih Skip This Step.
19. Setelah itu kalian akan disuruh membuat local account. Masukkan nama sesuai keinginan kalian. Kalau kalian tidak butuh password segala setelah memasukkan nama kalian klik Next.
20. Setelah itu klik Use Express settings.
21. Proses ini tidak memakan waktu banyak kok, tunggu saja sebentar.

22. Proses Instalasi Windows 10 selesai ^_^
atau untuk lebih jelasnya lihat video dibawah ini!
Selain menginstall menggunakan USB Flashdisk, Anda juga bisa menginstall windows 8 menggunakan DVDROM. Cara menginstallnya pun tidak jauh berbeda dengan menginstall menggunakan USB Flashdisk. Yang hanya perlu lakukan adalah mengubah priotas utama booting dengan CD-ROM Drive.

Bagi yang mau bertanya dan ingin cepat di jawab pertanyaannya, silahkan SUBSCRIBE & tulis pertanyaannya di kolom Comment di salah satu video di Channel Youtube saya ==> Noryadi DSurga
Bagi agan-agan atau sobat yang mau berdonasi silahkan Copy dan Kirim ke:
Alamat Bitcoin dibawah ini:
1DetUmSY38AX4oW7TvYRmT8MKF7NyMAQca

atau

BRI (Bank Rakyat Indonesia):
4512 - 0100 - 4017 - 533

Donasi yang sobat berikan sangat berarti bagi kami, agar kami dapat terus berbagi pengetahuan dan informasi yang tentunya memerlukan waktu dan Kouta Internet ^_^ Cie Miminnya gak mau Modal

Lihat juga:
Cara Menjadikan Flashdisk Bootable Windows
Cara Masuk ke Bios Semua Merek dan Tipe Komputer Laptop, Notebook, Netbook, PC
Cara Menginstall Windows 7 Menggunakan USB Flashdisk
Cara Menginstall Windows 8 / 8.1 Menggunakan USB Flashdisk
Beberapa Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Selesai Menginstall OS Windows pada Komputer Laptop, Notebook, Netbook atau PC

2 comments:

  1. Saya Kok udh di F10 gk ada proses installasi nya malah normal biasa gk ada APA apa pas dicoba lagi malah tampilannya repair Teri's finish ITU kenapa ya gan

    ReplyDelete